6.02.2009

Ganti Oli Shockbreaker Depan Megapro, siapa bilang sulit?

kemarin dulu ganti oli shock sendiri.. eeeh kunci L nya rusak walhasil terpaksa bawa ke bengkel.. eh ternyata ada artikel menarik ni dari website resmi HMPCI, hasil tulisan bro AFR..

ijin copas ya bro.. ;)

Ganti Oli Shockbreaker Depan Megapro

Siapkan bahannya: Minyak shock, terserah merek dan jenisnya. Di pasaran ada yang sudah dikemas dalam ukuran tertentu, Showa, Jumbo, dll. Alternatif, Oli hydraulic (Pertamina Turalik), Power Steering Fluid, ATF (Automatic Transmission Fluid), SAE 10. Grease waterproof secukupnya.




Saya pilih yg alternatif karena murah dan akan saya pakai membilas, kebetulan dapat di Swalayan kemasan 1 liter merek Topwan. Alat2: kunci socket, gelas ukur atau kalau gak punya bisa dari bekas sloki obat batuk.

1. Lepaskan bracket kaliper rem yg megang ke shock breaker.

2. Lepaskan kabel speedometer yg diteromol.

3. Lepaskan as roda, cabut rodanya, jangan lupa perhatikan letak gigi nanas di kiri dan spacer di kanan. Sekali jalan, bersihkan gigi nanas, as roda dan teromol dengan kain majun, tambahkan grease.

4. Lepaskan pelat nomor dan semua peralatan lenong yang menghalangi baut pengikat shockbreaker di komstir.

5. Longgarkan tutup atas shockbreaker, pakai kunci socket lebih aman buat baut, hati2 didalam ada pegas jangan sampai lepas kena wajah nanti hilang cakepnya.

6. Longgarkan baut pengikat shock di komstir, gunakan kunci socket, jangan kunci ring atau sama sekali jangan kunci pas, bautnya bisa rusak.

7. Turunkan hati2 batang shock, jangan sampai cacat terutama bagian yang dilapis krom.

8. Lepaskan tutup atas, keluarkan pegas panjang dari dalam, bersihkan pegasnya dengan solar tiriskan sampai solarnya kering.

9. Buang oli kotor dari dalam shock, kocok2 sampai tidak ada lagi yang tersisa. Kalau memang oli yang dibeli cukup banyak, bilas dalamnya dgn oli baru, kocok2, buang, tiriskan, kayak cuci piring saja nih ya...hehehe..

10. Bersihkan dengan lap

11. Masukkan kembali pegas kedalam tabung, isikan oli 125 s/d 200 ml, tergantung mau empuk atau lebih keras. Pasang tutupnya, kencangkan nanti aja kalau sudah terpasang di komstir.

12. Pasang kembali semua dengan langkah sebaliknya, masih ingat ga?

Kalau gak ingat lagi, ketik Reg spasi INYONG, qqqqqq.


Note:

* Selama proses bongkar pasang tidak ada mie instan karena lagi puasa

* Takaran oli, tadinya saya isi hanya 125ml ternyata keempukan, jarak travelnya sejauh 13.5cm. Cara ukurnya pasangkan cable ties di shock lalu pakai keliling, rem depan sekali-sekali biasa aja bukan hard braking. Saya tambahkan sampai 150ml ternyata empuk, sekalian saya tambah sampai 200ml, baru dapat jarak travel 11.5cm buat saya sudah pas. Kalau mau lebih keras lagi tambah aja lagi olinya, tergantung medannya.

* Selama oil seal masih belum bocor.



Source : www.honda-megapro.or.id

1 komentar:

  1. saya udah ganti oli shockbreaker supra fit , tapi tetap saja motor serasa seperti sepeda. Keras serasa nggak main shockbreakernya. Kenapa ya?

    BalasHapus